082233166661 adholiday.id@gmail.com
Siren Dideh Darah - Kuliner Extrem Jogja

Kuliner Extreme Jogja yang Sayang untuk Dilewatkan

Aneka kuliner unik di Kota Yogyakarta seperti bakpia patuk, gudeg, ataupun rujak es krim memang mampu memikat hati para pecinta wisata kuliner. Akan tetapi jika kamu merupakan pecinta kuliner sejati tentu tidak ingin melewatkan makanan unik yang bahkan tergolong extreme dari berbagai wilayah di Indonesia. Di samping rental mobil Jogja untuk mengunjungi tempat-tempat populer, di sela-sela kegiatan wisata jangan lupa coba beberapa kuliner extreme Jogja yang rasanya dijamin bakal bikin kamu kebingungan. Penasaran apa saja makanan tersebut?. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Daftar Kuliner Extrem Jogja

 

Saren (Dideh) yang Berasal dari Darah Binatang

Siren Dideh Darah - Kuliner Extrem Jogja
Siren Dideh Darah – Kuliner Extrem Jogja

Untuk makanan extreme yang pertama hanya boleh dinikmati oleh non muslim karena saren adalah makanan khas Jogja yang berasal dari darah hewan. Masyarakat Jogja sering mengambil darah bintang sapi yang disembelih kemudian dikukus dan dipotong-potong untuk dijadikan opor, sate ataupun menu lainnya. Karena terbuat dari darah hewan maka pemerintah melarang masyarakat mengkonsumsi dideh akan tetapi kamu masih bisa menemui kuliner extreme ini di warung-warung, angkringan dan beberapa warung tenda.

Jika dilihat secara sepintas, saren ini hampir seperti hati sapi karena warnanya merah kecokelatan. Saren juga memiliki rasa yang tidak jauh berbeda akan tetapi teksturnya lebih lembut dan tidak berserat. Masyarakat yang gemar mengkonsumsi saren percaya bahwa makanan ini kaya akan kandungan protein sehingga bagus bagi kesehatan tubuh.

Sebelum mencoba kuliner extreme ini, kamu harus tahu bahwa darah hewan mengandung bakteri, racun dan kotoran sisa metabolisme sehingga kamu juga harus berpikir ulang jika ingin mencoba mengkonsumsi saren karena dampaknya terhadap kesehatan tubuh.

 

Ular Cobra Goreng atau Kuah

Ular Kobra Kobra Goreng - Kuliner Extrem Jogja
Ular Kobra Kobra Goreng – Kuliner Extrem Jogja

Paket wisata plus sewa mobil murah Jogja di rental kami memasukan Kobra Imperial Kitchen sebagai salah destinasi wisata kuliner extreme. Pasalnya hewan kobra yang terkenal sangat mematikan di restoran ini akan diolah menjadi aneka hidangan mulai dari ular cobra goreng sampai dengan ular cobra kuah.

Pada saat mulai berdiri di tahun 1996 silam Imperial Kitchen hanya menyajikan ramuan tradisional yang terbuat dari empedu dan sumsum ular sebagai obat penyakit kanker. Namun kini pengunjung bisa menikmati steak cobra, sate cobra, tom yum cobra, tongseng cobra, burger cobra dan lain sebagainya.
Walaupun terbuat dari ular cobra, akan tetapi menu-menu makanan di sini dipatok dengan harga cukup terjangkau. Yakni sekitar 8 ribu sampai dengan 30 ribu rupiah per porsinya. Sedangkan untuk paket empedu, darah dan sumsum bisa didapatkan dengan harga 25 ribu rupiah saja.

 

Biji Buah Nangka atau Beton

Beton, mungkin dalam pikiran kamu terlintas material bangunan yang tersusun dari semen, pasir dan besi akan tetapi beton yang dimaksud di sini bukanlah demikian. Orang Jogja menyebut biji buah nangka dengan sebutan beton. Selain menikmati buahnya yang lezat, biji dari buah nangka ternyata bisa diolah menjadi makanan.

Untuk bisa menikmati beton, kamu bisa membelinya di pasar, jl Suroto Kotabaru ataupun supermarket lalu merebus biji nangka dengan sedikit tambahan garam dan bisa dimakan langsung. Akan tetapi beberapa orang juga mengolah beton menjadi tepung sebagai bahan dasar pembuatan roti.

 

Nasi Berongkos Kulit Melinjo

Sebagian besar orang menganggap kulit buah-buahan adalah sampah yang harus dibuang. Akan tetapi di tangan orang kreatif, kulit aneka buah seperti kulit mangga, kulit buah naga, kulit semangka, kulit jeruk, kulit melinjo, kulit nanas, kulit pisang, kulit delima dan kulit cempedak bisa diolah menjadi makanan, minuman, hingga obat.

Untuk kamu yang tertarik mencoba salah satunya, yakni kulit melinjo bisa mencoba menu nasi berongkos kulit melinjo yang beraamatkan di Tempel, Jogjakarta. Ketika kamu sewa mobil Jogja murah plus sopir dari rental kami maka tinggal minta pak sopir untuk mengantar ke sini.

 

Baceman dan Tongseng Kelelawar

Tongseng Kelelawar - Kuliner Extrem Jogja
Tongseng Kelelawar – Kuliner Extrem Jogja

Masyarakat Jogja kerap menjuluki kelelawar dengan istilah Codhot, saat Anda berkunjung ke jogja dan melakukan sewa mobil murah di Jogja maka dengan senang hati kami akan mengajak Anda menikmati kuliner ekstrem Yogyakarta. Tongseng kelelawar ini dimiliki oleh bu Romiyati. Apakah pernah terbayangkan jika hewan malam tersebut akan dijadikan santapan yang super lezat? Tidak perlu ragu lagi, dengan resep rahasia dan keahlian dari Bu Romiyati ini maka rasa tongseng kelelawar sangatlah menggugah selera dan bikin ketagian. Selain itu, tongseng kelelawar juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asma. Untuk mengunjungi jajanan kuliner melegenda ini, dapat dikunjungi di Jl. Bantul km 5.5, jika bingung dengan rute di Jogja kami sarankan untuk memanfaatkan jasa sewa mobil Jogja. Harga kuliner ini tergolong sangat murah yaitu mulai dari Rp. 7.000 saja per porsinya.

 

Sate Landak

Sate Landak - Kuliner Extrem Jogja
Sate Landak – Kuliner Extrem Jogja

Berbicara soal sate, bagi Anda penggila sate pasti sudah sangat antusias bukan? kendati demikian, apakah pernah terpikir dibenak teman-teman semua kalau hewan langka berduri atau yang biasa disebut landak bisa dijadikan sebagai sate. Yups, semua keekstriman ini bisa Anda coba ketika berkunjung ke Yogyakarta. Siapa sangka hewan yang umumnya kita jumpai di tempat wisata ini bisa dijadikan santapan yang gurih dan melezatkan. Daging landak mempunyai tekstur yang sangat empuk dan tidak kalah dengan sate ayam ataupun kambing.

Menariknya lagi, daging landak tidak mengandung kolesterol sehingga bisa dijadikan sebagai obat liver, asma hingga meningkatkan vitalitas pria. Jika Anda tertarik untuk mencicipi kuliner ekstrim ini maka bisa memanfaatkan keberadaan jasa sewa mobil murah Jogja. Mengingat, lokasi Bu Nur Ika ini berada di Jl. Magelang dan bagi Anda yang bukan dari Jogja pasti akan merasa kesulitan untuk mencarinya. Harga seporsinya sangatlah murah mulai dari 12.500 saja. Selain itu, Bu Nur juga menyediakan berbagai menu landak dengan olahan lain seperti rica-rica landak, hati landak hingga rica-rica buntut.

 

Belalang Goreng

Belalang Goreng - Kuliner Extrem Jogja
Belalang Goreng – Kuliner Extrem Jogja

Bagi sebagian besar orang, keberadaan belalang goreng mungkin sudah tidak asing lagi. Mengingat, jajalanan ini hampir dijual di sepanjang jalanan Gunung Kidul Yogyakarta. Tidak sedikit orang menjadikan belalang goreng sebagai cemilan yang nikmat dan gurih layaknya “udang goreng”. Asal muasal Belalang Goreng ini sebenarnya lantaan keluhan dari petani Gunung Kidul yang merasa kebunnya terganggu dengan keberadaan belalang yang sangat banyak. Dari sinilah muncul ide untuk menangkap belalang dan menjadikannya santapan.

Ketika Anda menggunakan sewa mobil atau sewa bus jogja dan ingin menikmati indahnya lautan dengan pasir putih di Jogja lantai dua tidak ada salahnya untuk mencoba jajanan khas Gunung Kidul ini. Harga Belalang Goreng sangatlah murah mulai dari Rp. 10.000-25.000 saja. Apabila Anda ingin memasak sendiri, umumnya penjual tersebut juga menyediakan stok belalang mentah.

Itulah beberapa jenis kuliner eksterem di Jogja yang sayang untuk dilewatkan, bepergian di Jogja dengan menggunakan kendaraan umum memang sangatlah merepotkan. Oleh karenanya, jika terdapat sewa mobil murah Jogja kenapa Anda tidak memanfaatkannya? Selain menghemat budget dan tenaga, liburan Anda juga jauh lebih menyenangkan.

Leave a Reply

08:59